Wali Kota Tomohon Hadiri Kegiatan BPHN Mengasuh

Tomohon, SeputarNusantara.id – Wali Kota Tomohon Caroll Senduk S.H. menghadiri program kegiatan “BPHN Mengasuh” di SMA Lokon St. Nikolaus Tomohon, pada Rabu (12/04/2023).

Kegiatan ini ditujukan ke seluruh siswa/siswi di Tingkat Dasar, Menengah Pertama, dan Menengah Atas melalui pemberian pemahaman hukum dengan materi khusus Hukum dan Pancasila sebagai upaya pencegahanĀ  terjadinya tindak pidana secara serentak.

Read More

Dalam sambutannya Wali Kota Tomohon mengatakan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi seluruh siswa dan siswi agar mampu membentuk karakter yang kuat serta bermartabat.

“Diharapkan para siswa akan mampu mencegah tindakan kekerasan di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat,” kata Wali Kota Tomohon.

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Ronald Lumbuan mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini yaitu untuk memberikan sedikit pencerahan tentang Pancasila.

“Kami juga memberikan pemahaman tentang bentuk-bentuk tindak pidana, seperti bullying atau body shaming. Hal-hal yang demikian tentunya tidak terlepas dari rasa kebhinekaan yang nantinya pada ujungnya akan bermuara pada rasa nasionalisme,” ujar Ronald.

“Kalau sudah mulai dari body shaming, warna kulit, bentuk rambut dst, nanti akan seterusnya bermuara dan berkurangnya atau terkikisnya rasa nasionalisme. Terlepas dari suku dan warna kulit kita, kita adalah bangsa yang satu,” ujarnya lagi.

Narasumber dari kegiatan ini adalah Aswan D. Idrak S.H, M.H, Muhammad Syachrul S.E, S.H, M.Si, beserta seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara.

Hadir di kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Jhony Runtuwene, DEA, Kepala Sekolah SMA Lokon St.Nikolaus Stevanus Poluan SIP, beserta seluruh tenaga pendidik dan seluruh peserta didik dan jajaran Pemerintahan Kota Tomohon.

(IsH)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *