MINSEL, SEPUTARNUSANTARA – Bagi kalian yang punya ide tapi masih bingung untuk jualan produk online memasuki momen jelang akhir tahun, Tokopedia memberitahukan tren produk pencarian masyarakat Indonesia.
Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal untuk membantu lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk UMKM lokal dari seluruh penjuru di Indonesia, agar bisa makin memaksimalkan peluang usaha.
Tokopedia melalui Rizky Juanita Azuz selaku Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia pun membagikan tren pencarian produk lewat Tokopedia yang dilakukan masyarakat di berbagai Pulau di Indonesia, mulai dari Sumatra hingga Papua, sepanjang kuartal III 2023 dibandingkan kuartal III 2022.
Tren pencarian produk tersebut dapat menjadi referensi UMKM lokal untuk berjualan online jelang akhir tahun:
1. Pulau Sumatra: Sepatu Tenis hingga Mainan Anak
2. Pulau Jawa: Kebaya Pengantin hingga Motor Listrik
3. Pulau Kalimantan: Diecast Mobil hingga Aksesori Nail Art
4. Pulau Sulawesi: Makanan Muesli hingga Celana Lari Perempuan
5. Pulau Bali: Buku hingga Wortel
6. Kepulauan Nusa Tenggara: Sepeda BMX hingga Scarf
7. Kepulauan Maluku: Crop Top hingga Dekorasi Natal
8. Pulau Papua: Kursi Goyang hingga Kopi Literan.
(DArK)