Desa Sapa dan Ongkaw Tiga Ditetapkan Sebagai Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Minsel

MINSEL, SEPUTARNUSANTARA – Desa Sapa Kecamatan Tenga dan Desa Ongkaw III Kecamatan Sinonsayang ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023.

Bupati Minsel Franky Donny Wongkar menghadiri sosialisasi dan launching Kampung Moderasi Beragama Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023 yang dilaksanakan di BPU Desa Sapa Kecamatan Tenga, Rabu (26/7).

Dalam sambutannya Bupati Minsel Franky Donny Wongkar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I., yang telah memberikan pemahaman kepada semua yang hadir bagaimana sebaiknya kita beragama agar bisa tetap hidup rukun dan damai dengan sesama.

“Untuk Desa Sapa dan Desa Ongkaw Tiga kiranya dapat menjadi contoh kepada desa desa yang ada di Kabupaten Minsel bagaimana hidup berdampingan agar kerukunan dan kedamaian dapat tercipta tentu dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain,” tutur Bupati FDW.

Perlu diketahui Kampung Moderasi Beragama merupakan program yang dimiliki Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau lingkungan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama di tengah masyarakat terbentuknya kampung moderasi karena adanya kehidupan masyarakat yang majemuk yang saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain.

Kampung Moderasi Beragama adalah model kampung yang mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Terdapat 4 (empat) indikator dari Moderasi Beragama, yakni komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penghargaan terhadap tradisi.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Penetapan Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2023 dan penyerahan penghargaan kepada Bupati Minahasa Selatan dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara atas bantuan, kerjasama, dukungan, perhatian dan partisipasi  dalam penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Sulawesi Utara Musim Haji 1444 H/2023 M.

Kegiatan ini turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H. Sarbin Sehe, S.Ag., M.Pd.I, Ketua Pengadilan Negeri Amurang Ariyas Dedi, mewakili Kajari Minahasa Selatan Florencia Timbuleng, Ketua Pengadilan Agama Amurang  Masyrifah Abasi, S.Ag., anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Frangky Lelengboto, Kepala Kantor Kementerian Agama Minahasa Selatan Archilaus Egeten, Ketua BKSAUA, Ketua FKUB, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Sapa, Desa Sapa Timur dan Desa Sapa Barat.

Sementara itu Bupati Minahasa Selatan didampingi Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang, Kepala Dinas PUTR, Plt. Kepala Dinas Kominfo, Camat Tenga bersama jajaran, Forkompincam Tenga, Hukum Tua Desa Sapa, Desa Sapa Timur, Desa Sapa Barat dan Desa Ongkaw Tiga.

(DArK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *